Laman

Cari Blog Ini

Kamis, 10 November 2011

Cara menghubungkan 2 laptop melalui wireless network di windows xp


Langsung ajah suatu ketika aku pengen memindah data yang berkisar 7 Gb lebih (yang pengen ku copy sebenarnya PES 2011), pengen menggunakan flashdisk tapi paling besar hanya punya fd 2 Gb dan ga bisa langsung dicopy soalna semua filenya terdapat dalam satu file, kalau dibagi menggunkan winrar terlalu kelamaan, lalu aku berfikir secara peer to peer network menggunkan kabel LAN (Local Area Network). dan ternyata eh ternyata aku ga punya kabelnya wakakkakakakaka…… Waduh gimana ini padahal aku pengen sekali punya game PES 2011. Akhirnya kucoba-coba peer to peer network menggunakan Wireless (wii), ternyata tidak terlalu sulit carana hampir hampir-mirip dengan menyetting jaringan dengan menggunakan kabel LAN
langsung ke TKP: Pertama-tama kita buat dulu wireless network name (kalo ga ngerti inggris artinya nama jaringan wireless) milik kita, pake salah satu laptop saja dengan cara sebagai berikut:
wii
Buka wireless network connection seperti gambar dibawah ini. saya menggunakan Intel R Proset/wireless
2
kemudian klik “Add”, dan akan timbul pada gambar dibawah ini:
3
Isi profile name dan wireless network name (SSID) dengan nama yang sama terserah kamu. pilih operating mode dengan “device to device (add hoc) Connect directly to other computer”. lalu klik next. kemudian klik OK. sekarang kamu udah menyelesaikan tahap pertama pembuatan ”wireless network name”
sekarang kita pilih profil pada Intel R Proset/wireless
dan conneksikan nama wireless yang kita buat tadi. tunggu beberapa saat, akktifkan wireless pada laptop yang ingin disambungkan, apabila terdapat atau ditemukan nama wireless yang kita buat tadi pada laptop yang satunya langsung coneksikan sehingga kedua laptop terkoneksi. tapi hal ini belum selesai, karena kita perlu menetukan IP pada masing-masing laptop, salah satunya harus menjadi ”server” dan satunya menjadi ”client”. seperti halnya dalam setting IP pada local area network.
buka control panel/network conection/
kemudian klik kanan pada icon wireless network connection kemudian klik properties dan akan timbul pada gambar dibawah:
2
Klik tulisan internet protocol TCP/IP pada kolom yang tersedia, kemudian klik properties seperti pada gambar yang sudah diwarnai merah
isi untuk server
ip address                     “192.168.0.1”
subnet mask                 ”255.255.255.0”
default gateway             “dikosongkan”
untuk client
ip address                     “192.168.0.2”
subnet mask                 ”255.255.255.0”
default gateway             “192.168.0.2”
kemudian untuk mengetahui terkoneksi atau tidaknya antara kedua laptop dengan cara masuki “run” ketikkan “ping 192.168.0.1 –t” atau “ping 192.168.0.2 –t” kalau terkoneksi akan tampil pada gambar dibawah ini.
5
Nah sekarang kedua laptop bisa saling share.
cara mensharenya carana sebagai berikut :
kita gunakan server sebagai media share dengan cara klik kanan pada folder di laptop server, kemudian klik properties, dan kemudian pilih bar share  seperti pada gambar dibawah:
4
Conteng pada :
”share this folder on network” dan ”allow network users to change my file” sehingga bisa memudahkan mengcopy paste file yang ingin dikirim.
nah sekarang supaya laptop client bisa mengakses folder share yang telah dibuat pada di laptop server dengan cara masuk ke “run”ketikkan IP server seperti berikut \\192.168.0.1 jika berhasil anda akan langsung masuk kedalam folder yang sudah di share, atau masuk ke my network places.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selesai baca mohon di komentar biar bisa saya perbaiki