Laman

Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 13 Oktober 2011

MENULIS RESENSI BUKU NONFIKSI


 Resensi buku nonfiksi adalah sebuah karya tulis yang bertujuan untuk mengulas sebuah buku novel dengan tujuan untuk memberikan gambaran kepada orang lain tentang keberadaan buku novel tersebut secara lengkap, baik unsur luar ( ekstrinsik ) buku nonfiksi maupun unsur dalam ( intrinsik )buku nonfiksi.
           Sebagaimana dijelaskan dalam dasar materi bahwa resensi berasal dari bahasa latin yaitu revidere atau recensere ( kata kerja ) yang mempunyai arti melihat kembali atau menilai.Dalam bahasa belanda disebut juga resencie dan dalam bahasa inggris disebutreview. Dari ketiga bahasa tersebut kata resensi mengacu pada sebuah arti kata " mengulas sebuah buku ".

Berikut adalah sebuah contoh bagaimana cara menulis sebuah resensi buku nonfiksi.

  • Judul Buku           : Membuat Bio Gas 
                                 Pengganti Bahan Minyak & Gas dari Kotoran Ternak
    • Pengarang            : Suhut Simamora , Salundik , Sri Wahyu , Sarajudin
      • Penerbit               : PT. Agromedia Pustaka
        • Cetakan               : IV
        • Tahun Terbit         : 2008
        • Jumlah Halaman   : iv + 52 halaman ; berukuran 15 x 23 cm
        • Harga                  : Rp. 18.000,00
        • Sinopsis               :
               Seiring dengan semakin mahal dan langkahnya minyak dan gas, menuntut manusia di zaman ini untuk berpikir lebih kreatif dalam memenuhi dua kebutuhan tersebut. Buku ini memberikan solusi atas permasalahan di atas yaitu dengan penggunaan energi
        alternatif sebagai pengganti minyak dan gas. Bermacam-macam pengetahuan tentang energi alternatif diuraikan dalam buku ini , diantaranya (1) manusia dan kebutuhan alternatif , (2) limbah ternak sebagai bahan baku biogas. Biogas merupakan contoh energi alternatif yang dibahas dalam buku ini.Penulis juga memberikan informasi tentang gas-gas yang terkadung dalam kotoran ternak yang dapat diolah menjadi biogas. Selain itu, buku yang berjudul " Membuat Biogas Pengganti Bahan Minyak dan Gas dari Kotoran Ternak " juga menyertakan cara-cara pembuatan instalasi biogas serta syarat , teknik dan nilai ekonomis pembuatan dan penggunaan biogas. Bukan hanya itu saja,Penulis juga memaparkan potensi biogas bagi kehidupan masyarakat sehingga dapat menarik pembaca untuk lebih mengenal apa itu biogas. Dalam buku ini juga dijelaskan cara membuat pupuk organik dari sisa pembuatan biogas. Suhut Simamora, Salundik, Sri Wahyu dan Sarajudin dalam menyajikan uraiannya sangat memantulkan daya tarik tersendiri. Bahasa ilmiah yang lugas dan mudah dipahami membuat uraian isi buku mengajak pembacanya untuk bereksperimen dalam mengembangkan kemampuannya sesuai tujuan pengembangan makna biogas sebagai bahan pengganti minyak dan gas. ( Media Indonesia, No.XXIII.Peb'08 )

                Contoh sebuah resensi di atas pernah muncul disebuah media cetak pada tahun 2007 pada bulan oktober hingga bulan pebruari 2008.

                    Ulasan yang ada dalam resensi sebuah buku berkisar pada prinsip-prinsip ulasan buku, yaitu (1) unsur luar buku dan (2) unsur dalam buku. Unsur luar bukuyang disebut juga ekstrinsik karya meliputi (a) judul buku, (b) nama pengarang, (c) nama penerbit, (d) kota terbit, (e) tahun terbit, (f) ketebalan buku,  dan (g) ukuran gambar.
                   Sedangkan unsur dalam buku disebut juga intrinsik karya meliputi (a) isi cerita, (b) amanat cerita, (c) alur atau plot, dan (d) kebahasaan. ( Suyatmi , 2005 : 67 )

        Prinsip dasar penulisan resensi buku nonfiksi yakni bertujuan untuk
        1. memberikan informasi atau pemahaman tentang sebuah buku nonfiksi (baru) kepada khalayak ramai secara komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam buku tersebut.
        2. mengajak pembaca untuk memikirkan dan merenungkan isi dalam sebuah buku nonfiksi
        3. Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah nonfiksi itu layak dibaca atau tidak
        4. Menjawab pertanyaan yang muncul jika seseorang bertanya tentang nonfiksi yang baru dijumpai dala hal, siapa pengarang nonfiksi, mengapa dan bagaimana liku-liku pengarang menulis buku nonfiksi tersebut, apa yang dapat ditemukan dalam buku nonfiksi tersebut, bagaimana hubungan buku nonfiksi tersebut dengan buku yang sejenis dan bagaimana hubungan dengan buku yang sejenis dengan karya pengarang yang sama maupun dengan buku lain dan karya pengarang yang lain pula.??
        Untuk kalangan tertentu resensi buku nonfiksi bertujuan sebagai berikut :
        1.  Dengan membaca resensi buku nonfiksi akan mendapatkan bimbingan dalam memahami isi buku nonfiksi mulai dari penggunaan kebahasaan buku nonfiksi dan lain sebagainya.
        2. Dengan membaca resensi buku nonfiksi dapat memberikan gambaran tentang pengarang dan keberadaannya kepada kalangan masyarakat secara nyata.


        Demikian sedikit posting saya tentang "Menulis Resensi Buku Nonfiksi" semoga dapat menambah pengetahuan saudara-saudara sekalian...

        Tidak ada komentar:

        Poskan Komentar

        Selesai baca mohon di komentar biar bisa saya perbaiki